.

.

Vidio Air Terjun Tlogo Muncar

BERITAJAWA.com - Wisata Lereng Merapi Air Tlogo Muncar.

Pada masa kepemimpinan Sri Sultan HB ke- VII, Air Terjun Tlogo Muncar merupakan tempat pemandian para bangsawan. Menurut kepercayaan orang di zaman itu, Air terjun Tlogo Muncar konon katanya memiliki barokah sehingga airnya sering digunakan untuk acara ritual seperti bertapa dan memandikan pusaka kerajaan.

Sekitar tahun 1960 an setelah Tlogo Muncar menjadi Lokasi wisata Air Terjun  Tlogo Muncar masih sering dikunjungi peziarah untuk ritual tukon pasar atau sesaji, mandi dan bertapa. Dulu, kondisi Air Terjun masih sangatlah bagus dengan pancaran air yang cukup besar. Namun gempa bumi tahun 2006 sempat menggeser bebatuan tebing air terjun dan membentuk celah yang menyebabkan terjadinya pengalihan aliran air sehingga pancaran air terjun mengecil.

Tahun 2010 wilayah sekitar air terjun habis terbakar akibat terkena Erupsi Merapi, sehingga tidak ada lagi tumbuhan yang berfungsi sebagai pengikat air dan banyaknya material erupsi yang menutupi wilayah tersebut menyebabkan aliran air terjun sangatlah kecil. Pernah air tidak mengalir sama sekali di musim kemarau, namun saat musim penghujan luapan airnya sangat besar dengan membawa material erupsi seperti batu, pasir dan poho-pohon yang sudah mati terbakar.
Tahun 2016 kondisi sudah mulai pulih, area di sekitar air terjun sudah mulai menghijau sehingga air terjun walaupun di musim kemarau masih tetap mengalir  walaupun airnya sedikit.

Jakarta, 16 Juli 2018
Salam,


Mbah Ribut




Share this article :
 
About Us | Privacy Policy|Term Of Use| Contact Us
Copyright © 2011. beritajawa.com - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger